Resep Pindang Patin Kemangi Sederhana Bebas Bau Amis

Resep Pindang Patin Kemangi Sederhana Bebas Bau Amis
Resep Pindang Patin Kemangi Sederhana Bebas Bau Amis

Pindang patin adalah hidangan yang sempurna untuk santapan siang. Terutama saat musim hujan seperti ini, pindang patin akan menjadi pilihan yang lebih tepat. Tentu saja, ada trik tersendiri dalam memasak pindang patin agar rasanya enak dan lezat. Umumnya, hidangan ini hanya tersedia di restoran yang khusus menyajikan hidangan ikan. Berikut ini adalah resep pindang patin yang sederhana untuk Anda coba jika Anda memiliki ikan patin di rumah.

Ikan patin adalah jenis ikan yang memiliki harga cukup mahal dan sangat ideal untuk dipindang. Ini karena ikan patin tidak hanya memiliki cita rasa segar, tetapi juga sangat cocok untuk hidangan pindang. Ikan patin kaya akan gizi dan mengandung omega 3. Inilah resep sederhana untuk membuat pindang patin.

Resep Pindang Patin Kemangi

Ikan patin adalah salah satu makanan yang sangat sesuai untuk dijadikan pindang. Ikan patin ini adalah jenis ikan air tawar yang membutuhkan pengolahan yang cukup sulit. Hal ini disebabkan oleh sifat ikan patin yang hidup di air tawar.

Jika pengolahan dilakukan dengan salah, maka hidangan pindang patin bisa saja tidak enak. Hidangan pindang patin dapat memiliki bau tidak sedap atau bahkan rasa tanah saat dikonsumsi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan panduan memasak pindang patin ini.

Tentu saja, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar pindang patin tidak berbau. Jika pindang patin yang dimasak memiliki bau yang tidak sedap, tentu saja hal ini akan mengurangi selera makan.

Sebenarnya, pembuatan bumbu pindang patin sangatlah mudah dan tidak memerlukan banyak bahan yang rumit. Namun, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan-bahan tertentu agar rasa pindang patin ini enak dan tidak berbau tidak sedap.

Resep pindang patin ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin atau musim hujan seperti sekarang. Terlebih lagi, jika pindang patin memiliki rasa pedas dan aroma kemangi yang kuat, pasti semua orang akan tergoda dengan hidangan ini.

Pindang patin adalah hidangan mewah karena harganya yang cukup mahal. Biasanya, pindang patin sering disajikan di restoran dan sulit ditemukan di tempat lain. Pindang patin sangat baik untuk meningkatkan asupan gizi karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Patin juga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan gizinya yang luar biasa. Ikan patin sendiri mengandung kadar omega 3 yang tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh karena itu, tidak heran jika hidangan ini sering disajikan kepada ibu hamil. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pindang patin ini sangat mudah dan dapat ditemukan dengan mudah pula. Berikut ini adalah daftar bahan lengkap untuk membuat pindang patin.

Bahan dari Resep Pindang Patin Palembang

Agar pindang patin yang lezat tercipta, diperlukan bahan-bahan penting yang akan memberikan rasa yang enak dan memuaskan. Pindang patin menggunakan bumbu yang serupa dengan bumbu pindang lainnya. Biasanya menggunakan cabe rawit, tomat, jeruk nipis, dan sebagainya. Inilah resep lengkap bahan-bahan untuk membuat pindang patin kemangi yang lezat untuk hidangan di rumah:
  • 500g Patin
  • Tomat
  • Cabai rajid merah
  • Gula
  • Garam
  • Penyedap
  • Asam Kandis
  • Jeruk nipis
  • Daun kemangi
  • 1 ruas jahe
  • 2 batang sereh
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Daun jeruk
  • Daun salam
Kehadiran daun kemangi akan memberikan aroma yang khas pada pindang patin. Pindang patin dengan kemangi adalah hidangan yang sulit ditolak. Sangat cocok untuk dijadikan resep jika ada tamu yang berkunjung.

Cara membuat pindang patin cukup mudah, tetapi penting untuk mencuci ikan patin dengan baik agar tidak berbau tanah, karena ikan air tawar cenderung memiliki aroma tersebut jika tidak diolah dengan benar. Oleh karena itu, pastikan ikan patin dicuci dengan bersih untuk menghilangkan bau tersebut.

Proses pencucian sangat penting, pastikan ikan patin dicuci hingga bersih dan dilumuri dengan perasan jeruk nipis agar tidak berbau amis. Hal ini sangat krusial agar pindang patin tidak memiliki aroma yang tidak sedap saat disantap.

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya, pengolahan ikan patin juga merupakan hal yang sangat penting. Jika dilakukan dengan kurang tepat, rasanya tidak akan enak saat disantap. Oleh karena itu, perlu memperhatikan cara mengolah ikan patin agar hasilnya enak.

Untuk penjelasan lebih detail tentang cara mengolah ikan patin, silakan simak pembahasan berikut mengenai resep pindang patin kemangi ala restoran. Hal ini akan membantu agar pindang patin yang Anda buat tidak memiliki aroma tanah atau amis. Peranan jeruk nipis sangat penting agar pindang patin tidak berbau amis.

Cara dan Resep Pindang Patin Sederhana

Dalam membuat Pindang patin yang enak tentunya ada tahapan yang mesti dilakukan. Pindang patin yang enak pastinya mudah untuk dibuat. Pindang patin yang akan dibuat kali ini cocok banget buat penggemar patin yang suka makan di restoran. Resep kali ini merupakan resep pindang patin kemangi khas restoran. Jadi dengan begitu kita tidak perlu lagi untuk membeli pindang patin, karena kita sudah buat sendiri pindangnya.

  • Bersihkan ikan patin dengan membersihkan sisiknya lalu potong potong sama ukuran. Cuci bersih ikan patin sampai lumpur atau tanahnya hilang agar tidak berbau tanah.
  • Jika sudah bersih bisa langsung marinasi ikan dengan jeruk nipis dan juga garam selama beberapa menit.
  • Haluskan bawang putih dan bawang merah serta cabai lalu tumis sampai harum
  • Masukkan juga jahe geprek, Sereh memarkan serta daun jeruk dan daun salam sampai harum.
  • Jika bumbu tumis sudah matang maka bisa tambahkan air sebanyak 1 liter kurang lebih.
  • Aduk-aduk hingga rata lalu masukan perasan jeruk nipis, garam penyedap dan lain lain. Jika ingin lebih pedas bisa masukan Cabai rawit sesuai selera.
  • Jika sudah mendidih masukan ikan dan masuk sampai matang
  • Masukan juga tomat yang sudah dipotong-potong lalu masak lagi. Jangan lupa untuk koreksi rasa.
  • Setelah itu masukan daun kemangi sesuai selera. Jangan terlalu masaknya jika daun kemangi sudah masuk. Nanti jika kelaman wangi daun kemanginya akan hilang.
  • Jika sudah bisa matikan kompor maka pindang patin udah jadi.

Itulah resep pindang patin ala restoran. Resep kali ini pasti enak dan juga mudah membuatnya. Jadi rasa pindangnya bisa segar dan enak seperti di restoran mahal.

Getrie

Kumpulan Resep Nusantara, Ulasan Aneka Makanan dan Minuman Khas Indonesia. Dan Pelajaran Agama Islam. Serta Pelajaran Umum facebook

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama